Tuesday, June 14, 2005

Sudut Kota

3 orang duduk di bangku sebuah taman sudut kota Ottawa. Orang pertama seorang wanita kulit putih paruh baya, rambut pirang dengan dandanan sederhana sangat cantik. Orang kedua lelaki 40 tahunan, rambut coklat dengan mata biru seperti birunya kelereng, kulit merah seperti warna kulit yang hampir matang. Dan orang ketiga aku dengan rambut hitam dan jabrik seperti sapu ijuk apalagi plus tambahan gel yang kalau di lihat dikemasannya untuk membuat rambut high and mighty (terjemahan bebas ayok pake gel ini dijamin tambah jabrik) kulit hitam belum dikategorikan legam cuma hitam.
3 Orang dengan warna rambut berbeda dengan warna kulit yang berbeda, duduk di bangku sebuah taman, mencoba menghindar dari terik matahari dan menunggu bus berikutnya. Orang pertama terlihat tenang dan memandang jauh kedepan tersenyum dan tampak bahagia, orang kedua terlihat gelisah seperti cacing kepanasan, dan orang ketiga duduk diam terpekur dan sedikit mengantuk.
Aku jadi berfikir, hem mungkin wanita itu sedang membayangkan akan bertemu cucunya dan anak tercinta. Dia akan bertemu dengan cinta dan buah hatinya. Hari panas, terik matahari cuma masalah kecil. Ada bahagia yang menanti. Atau mungkin dia akan bertemu dengan kekasihnya, yang dia simpan secara sembunyi sembunyi di sudut hatinya. Dan mereka berjanji bertemu. Kenapa dia selalu tersenyum dan terlihat sangat cantik karena dia jatuh cinta dan hatinya berbunga. Atau mungkin dia akan bertemu suaminya yang menungguinya pulang dengan juice kesukaannya. Atau mungkin dia hanya hidup sendiri bahagia, ditemani kucing dan radio lama di sebuah apartemen kecil pinggir kota. Aku lebih memilih versi kedua. Dia akan bertemu kekasih rahasianya. Lebih menyenangkan dan aku suka .
Orang kedua, gelisah.............aku tahu kau ingin cepat cepat pulang dan bertemu dengan anaknya yang tidak sabar menunggu di kolam kecil belakang rumahnya. Tapi kenapa kau kelihatan sibuk melihat jam tangannya dan Hpnya. Okay mungkin kau punya janji kencan di sebuah hotel kecil pinggir kota. Dan kau sudah tak sabar ingin bercinta dengannya. Waktumu hanya sedikit 1 jam sebelum jam resmi pulang kantor. Dan kau berfikir bagaimana kalau kau lupa waktu, alasan apa yang harus kau katakan. Okay aku akan bantu kamu. Kau bisa bilang sorry kerjaan menumpuk, atau kau bilang kau cari juice kesukaan istrimu di seluruh supermaket yang bisa kau temui dan mereka semua kehabisan stocknya. Dan kamu tidak mau mengecewakan istrimu kamu cari sampai semua toko dan kaupun terlambat pulang. Alasan yang bombatis.........atau bilang saja kau jogging setelah pulang kantor sehingga kulitmu terbakar dan kau keringetan habis. Padahal keringatmu, keringat setelah percintaanmu dengan kekasih gelapmu dan kau bercinta di pinggir pantai.
Dan tiba - tiba, suara menderum dan decit ban bergesek dengan keras aspal. Putuskan lamunan, putuskan angan - angan. Mari bercinta dengan panas bulan juni dan tarikkkkkkkkkkk jabrik cepat naik bus.
Alymer saat gerah yg ada cuma melamun dan berkhayal.

No comments: